Home >> Berita Umum LDII >> WORKSHOP POSITIVE PARENTING DPW LDII JATIM 2012

WORKSHOP POSITIVE PARENTING DPW LDII JATIM 2012

Mengasuh dan mendidik anak secara positif.

Kembali kepada keluarga, disinilah orang tua terutama ibu harus diberdayakan. Diharapkan ibu sangat memahami sebuah keluarga itu bisa berfungsi. Keluarga kalau sudah berfungsi maka menghasilkan generasi penerus yang baik. Oleh karena itu Biro Pemberdayaan Wanita dan Kesejahteraan Keluarga dengan Biro Pemuda, Olah Raga, dan Seni Budaya DPW LDII Provinsi Jatim telah mengadakan Workshop Positive Parenting. Workshop dilaksanakan pada 16-18 Maret 2012, bertempat di Kantor DPW LDII Provinsi Jawa Timur. Adapun tema yang diangkat adalah “Mengasuh dan Mendidik Anak Secara Positif”.Wujud sinergi ini menghadirkan sebanyak 96 peserta yang berpartisipasi dalam workshop. Berasal dari Pengurus DPD LDII Provinsi Jatim, Utusan 38 DPD LDII Kabupaten/Kota, Utusan Pondok Pesantren, dan undangan lainnya. Peserta workshop adalah perempuan yang sudah menikah dan telah memiliki anak. Workshop ini merupakan TOT (Training of Trainers) dengan maksud agar para peserta nantinya bisa menyampaikan kembali seluruh materi yang didapat selama workshop dan nantinya bisa dipraktikkan dikeluarganya masing-masing.

Workshop ini dibuka langsung oleh wakil ketua DPW LDII Provinsi Jatim, H. Drs. Sumarman, SP.d Sekian kalinya DPW LDII Provinsi Jatim mengadakan seminar wanita. Tema seminar kali ini yakni mengasuh dan mendidik anak secara positif. Dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 217.000.000 jiwa, dimana 53% terdiri dari kaum wanita. Jumlah ini apabila mempunyai kemampuan yg berkualitas fasilitas hasil dengan menjadi efektif. Karena melalu tangan-tangan ibu ini dapat membanngun generasi handal yang dapat meneruskan pembangunan bangsa. “ibu diharapkan dapat memberikan konstribusi yang Positif didalam pembangunan, yaitu pembangunan generasi penerus kepada putra-putrinya. Kegiatan ini bisa menjadi wadah LDII, kesatuan, kekompakan kepada ibu didalam pembinaan generasi penerus yang sukses”.  Ucap Sumarman didalam sambutannya.

Hari kedua dan ketiga workshop diisi pemaparan narasumber Dra. Nana Maznah Prasetyo, M.Si dari Lembaga Bantuan Psikologi dan Mediasi (S.A.T.U Consulting), dibantu oleh Ir. Srie Tresnahati Ashar, M.Si sebagai fasilitator.

Kerjasama antara Ibu dan Bapak dalam menerapkan pola pengasuhan anak sangatlah penting. “Dari suatu penelitian bahwa, anak umur 0-6 tahun itu yang didengar memang omongan ibunya, omongan bapaknya tidak didengar. Ketika anak umur 0-6 tahun kewajiban bapak supaya lebih sering menggendong anaknya, disitulah tejadi komunikasi batin antara bapak dan anak. Kalau pembicaraan, itu ibu yang masuk didalam dimemorinya ” tegas Nana.

Di Workshop ini turut hadir Ketua DPP LDII, Ir. H. Prasetyo Sunaryo, MT. Didalam kesempatan ini Prasetyo juga menceritakan tentang persiapan RAKERNAS LDII 2012 yang diselanggarakan  tanggal 11-12 April di kota Bogor. LDII memilih kota Bogor karena Bogor merupakan tempat yang sentral, tempat acara jaraknya dekat dengan hotel-hotel, sehingga sehingga memudahkan untuk mencarikan penginapan dan tidak memakan waktu yang lama sehingga acara bisa berjalan dengan lancar. Peserta yang hadir kurang lebih berjumlah 1.500  orang dari seluruh Provinsi, Utusan dari DPD, maupun dari pengurus pondok pesantren. Rakernas rencananya akan dibuka langsung oleh Kementrian Agama Republik Indonesia Drs. H. Suryadharma Ali.

Other articles you might like;

Check Also

Kasi Penguatan Lembaga Rehabilitasi BNNP Jatim dr. Poerwanto Setijawargo (tengah) bersama Pemuda LDII Surabaya.

BNN Gandeng Ormas Wujudkan Masyarakat Anti Narkoba

Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surabaya makin giat memerangi narkoba yang saat in menjadi momok …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *