Home >> Berita LDII Surabaya >> Semangat Mengaji melalui Foto, Poster, dan Video Pendek

Semangat Mengaji melalui Foto, Poster, dan Video Pendek

Generasi muda merupakan penerus masa depan bangsa. Pembinaan kepada generasi muda perlu dilakukan secara eksklusif agar siap menjadi generasi professional religius dan berakhlaq mulia. Untuk itu Pengurus Cabang LDII Gunung Anyar menggelar Pengumuman lomba fotografi, poster, dan film pendek bertemakan “Semangat Mengaji” di Masjid Nurul Hikmah, Gunung Anyar, Surabaya, Minggu (5/3).

Acara yang sudah disiapkan sejak awal bulan Februari ini bertujuan untuk mewadahi bakat dan minat generasi muda untuk berkreasi atau berkarya dalam bidang teknologi. Selain itu, acara ini bertujuan untuk mengarahkan pemanfaatan perkembangan teknologi untuk media penyebaran dakwah atau biasa disebut green dakwah.

 

Peserta pelatihan

Sekitar 135 perwakilan remaja masjid LDII dari beberapa kecamatan yang ada di daerah Surabaya dan Sidoarjo ikut hadir dalam acara ini. Diantaranya dari Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Sidosermo, Gunung Anyar, Rungkut, Wonorejo, dan satu kecamatan dari daerah Sidoarjo yaitu Kecamatan Berbek.

“Alhamdulillah peserta antusias mengikuti acara tersebut, walaupun acara berjalan dari pagi hingga sore hari mereka tetap semangat saat pemateri menyampaikan ilmu baru tentang pemanfaatan perkembangan teknologi untuk media dakwah” ujar Bagas Ramadhan selaku Ketua Pelaksana.

Terdapat lebih dari 50 karya foto, poster, dan video pendek yang diikutkan dalam lomba. Semua merupakan kreativitas muda-mudi LDII peserta lomba. Secara garis besar, keseluruhan karya sudah mewakili tema “semangat mengaji” yang menjadi persyaratan lomba.

“Karya yang dibuat para peserta lomba baik foto, video, maupun poster mayoritas sudah bisa sesuai tema lomba. Kemampuan para peserta lomba untuk menuangkan ide dan kreativitas layak diapresiasi. Mereka memiliki banyak sudut pandang yang unik untuk menterjemahkan tema lomba,” kata Widi Yunani, salah satu juri dari DPD LDII Kota Surabaya.

Dalam acara ini, pengurus PC LDII Gunung Anyar Ainur Rofiq juga memberikan nasehat, “Semangat mengaji, mudah diucapkan namun sulit dipraktekkan karena alasan yang beragam, kadang sibuk sekolah, kuliah, kerja atau apapun alasannya. Itu bagi mereka yang tidak mempunyai target keberhasilan dunia dan akhirat. Namun, kita sebagai generus islam dan iman pada Al-Quran dan Hadist sudah semestinya faham dan mengerti bahwa hidup sekali ini jangan disia-siakan,” kata Rofiq.

Suasana penjurian lomba

Lebih lanjut Ainur Rofiq menambahkan agar muda-mudi LDII bisa terus beramal dan berkarya yang baik. “Masa depan kita sebagai pemuda khususnya masih panjang, jenjang karir juga membentang di depan. Semoga kedepannya akan membawa kebarokahan yang melimpah,” ujar Rofiq.

Selain pengumuman pemenang lomba, acara hari itu juga diisi berbagai pelatihan, yakni Pelatihan Corel Draw, pembuatan video, dan fotografi. Semua pelatihan ini diadakan untuk menambah keterampilandan pengetahuan para peserta dan undangan yang hadir saat itu.

Harapan panitia lomba, melalui pelatihan ini akan tercipta generasi muda yang bisa mengembangkan bakat dan kemampuannya masing-masing. Terutama bisa menyikapi perkembangan teknologi dengan dan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk amar ma’ruf nahi munkar. (Tim Media PPG Surabaya Timur)

Other articles you might like;

Check Also

Ki-ka : Ketua MUI Kenjeran K.H Abdul Manan, Ketua PC LDII Kenjeran Agus Jatmiko, Sekretaris PC LDII Kenjeran Rachmat Cahyono.

Silaturahim PC LDII Kenjeran dengan Ketua MUI

Pengurus PC LDII Kenjeran melakukan silaturahim dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Kenjeran di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *