Home >> Tokoh LDII >> Pentingnya Pemberdayaan Perempuan

Pentingnya Pemberdayaan Perempuan

Hj. Endah Retnowati Bambang Purnama,  Pemenang Lomba Kader Teladan Surabaya 2013.

BANYAK sekali kesibukkan putri daerah kelahiran Pasuruan, 30 Juni 1961 ini. Pertama, beliau tergabung dalam Biro Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga DPW LDII Jawa Timur. Kedua, beliau adalah Ketua Posyandu Seroja 23 RT 08 RW IV Wonokromo. Ketiga, beliau adalah Pengurus Bidang Kesra dan Sosial Budaya Dharma Wanita Kopertis Wilayah VII dan masih banyak kesibukkan berorganisasi yang beliau ikuti, serta beliau adalah istri dari Drs. H. Bambang Purnomo, MM, MBA, ibu dari enam anak dan nenek dari empat cucu. Beliau bertempat tinggal di Jetis Kulon Gg VII No 7 Kec Wonokromo Surabaya.

Pemenang-Lomba-Kader-Teladan-Surabaya-2013Sebagai Biro Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga DPW LDII Jawa Timur tentu saja mempunyai tanggung jawab besar yaitu untuk mensejahterakan keluarga khususnya melalui perempuan. Salah satu cara untuk mewujudkannya, beliau menggerakkan ibu-ibu disekitar tempat tinggalnya yaitu daerah Jetis Kulon Gg VII Wonokromo sebagai pengurus posyandu setempat. Beliau juga mengikuti lomba kader teladan yang diadakan oleh Pemerintah Surabaya. Dan dari 2800 peserta beliau menjadi juara 1 dalam perlombaan tersebut yang diumumkan pada tanggal 25 Juni 2013.

Beliau menjelaskan bahwa pengetahuan tentang posyandu sangat bermanfaat bagi para perempuan, entah itu ibu-ibu maupun para remaja putri, karena dengan posyandu mereka mendapatkan pengetahuan tentang cara menjaga kesehatan diri dan keluarga. Sebagai pemenang kader teladan posyandu beliau berinisiatif untuk membuat posyandu remaja yang khusus untuk mengurusi permasalahan kesehatan remaja.

Dukungan keluarga membawa pengaruh besar dalam mencapai keberhasilan beliau saat ini. “Alhamdulillah, keluarga saya sangat mendukung kalau saya mengikuti banyak organisasi. Salah besar jika orang beranggapan bahwa perempuan yang mengikuti organisasi seperti saya adalah perempuan yang kurang kerjaan, karena dengan berorganisasi dapat menambah pengetahuan dan membuat perempuan lebih pintar, karena dizaman sekarang jika mau bekerja bukan hanya nilai yang dilihat tapi yang diutamakan adalah ketrampilan serta potensi  apa yang dipunyai” Ujar Endah.

Beliau juga membocorkan beberapa tips agar bisa berhasil seperti saat ini,

  1. Harus peka dan peduli terhadap lingkungan.
  2. Banyak mengikuti organisasi dan acara kemasyarakatan, karena dengan begitu akan mempunyai banyak relasi.
  3. Temukan potensi diri dan kembangkan ketrampilan.
  4. Banyak melakukan komunikasi dan interaksi dengan orang sekitar, agar mudah beradaptasi.

/** Uchie

Other articles you might like;

Check Also

Generus LDII Juara Pertama Lomba MTQ ke-XXV Jawa Timur

Muhammad Fahim Zakky Musthofa bin Muhammad syekAsy’ari asal Kediri Jawa Timur memang masih tergolong cabe …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *