Breaking News
Home >> Berita LDII Surabaya >> PENGAJIAN AKBAR ISRA’ MI’RAJ 1432 H Al-Akbar Surabaya

PENGAJIAN AKBAR ISRA’ MI’RAJ 1432 H Al-Akbar Surabaya

PENGAJIAN ISRA’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1432 H DI MASJID AL-AKBAR SURABAYA

pengajian akbar isra' mi'raj 1432h
pengajian akbar isra’ mi’raj 1432h

Kegigihan perjuangan Nabi Besar Muhammad SAW dalam dakwahnya mensyiarkan Islam memang tak pernah luntur dari hati setiap muslim sampai sekarang.

Terutama saat Beliau melakukan perjalanan pada malam hari dari Baitullah ke Baitul Maqdis dan diteruskan sampai ke Sidrotul Muntaha yang biasa dikenal dengan Isra’ Mi’raj. Dan untuk menjaga hal itu agar selalu ada di hati setiap muslim khususnya di wilayah Surabaya dan sekitarnya, keluarga besar Masjid Al-Akbar Surabaya memperingati Isra’ Mi’raj tiap tahunnya.

Tahun ini, Isra’ Mi’raj diadakan pada tanggal 28 Juni 2011 di Area Utama Masjid Al-Akbar Surabaya yang diperuntukkan untuk masyarakat umum khususnya untuk Surabaya dan sekitarnya. Kurang lebih 80% kapasitas area utama Masjid Al-Akbar yang memuat 30.000 orang itu terisi penuh.

Masyarakat sangat antusias karena mereka sebagian besar dilibatkan dalam acara, yaitu dengan mengikuti lomba-lomba yang diadakan sebelum acara puncak mulai awal Juni. Diantaranya ada lomba adzan tingkat SD, lomba kaligrafi untuk umum, lomba mewarnai untuk usia kanak-kanak, dan tartil ibu-ibu muslimah.

cara sholat tahajudSelain itu, sebelum acara puncak juga diadakan Tahajud bersama Badande seorang Pendeta yang kini masuk islam. Dari rangkaian-rangkaian acara tersebutlah masyarakat merasa dilibatkan sehingga antusias menghadiri acara puncak 28 Juni lalu.

Dengan mengangkat tema “Peningkatan Kualitas Spiritual Umat”, keluarga besar Masjid Al-Akbar Surabaya mendatangkan Prof. DR. Said Agil Siradj, MA selaku ketua PBNU sebagai pengisi acara inti. Tapi sebelum acara inti, Area Utama Masjid Al-Akbar dimeriahkan oleh gema solawat oleh teman-teman dari kediri asuhan Ustadz Satar, lalu dilanjutkan doa bersama yang dipimpin oleh Imam besar Masjid Al-Akbar Surabaya,  H. Abd. Hamid Abdullah, SH, M.Si. Dan acara semakin khidmat dengan dilantunkannya ayat-ayat suci oleh Miqdar Zulfikar yang disambung dengan sambutan dari Direktur Utama Masjid Al-Akbar Surabaya, Drs. H. Endro Siswantoro, M.Si.

rekor muri UNAIR
Rekor Muri UNAIR

Setelah itu dukungan para supporter lomba mulai semarak saat session penganugerahan hadiah-hadiah lomba kepada Sang Juara dilangsungkan. Semarak kemenangan sejenak diredam dengan sejuknya tausyiah pendek dari Prof. DR. H. M. Roem Rowi, MA yang disambung dengan acara inti yaitu Siraman Rohani dari Prof. DR. Said Agil Siradj, MA, yang mengupas tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW di waktu malam dari Baitullah ke Baitul Maqdis sampai ke Sidrotul Muntaha yang biasa dikenal dengan istilah Isra’ Mi’raj. Dalam ceramahnya, Ustadz Said Agil juga memaparkan tentang kualitas spiritual umat muslim yang dewasa ini lebih condong memikirkan dunia dan melupakan agama, padahal ada kalanya kita harus duduk dan berfikir, memahami Islam yang sesungguhnya dengan memahami isi dari Al-quran & Al-Hadist agar kita tidak terjerumus hanya karena dunia yang sesungguhnya membujuk.

ketua umum PBNU
Ketua Umum PBNU

Dan dua jam kemudian acara berakhir dan semua yang hadir telah dibekali siraman rohani untuk meningkatkan kualitas spiritual masing-masing.

Acara seperti ini memang sangat berkualitas mengingat kualitas spiritual umat muslim saat ini sudah mulai menurun. Maka rencananya keluarga besar Masjid Al-Akbar Surabaya akan secara rutin mengadakan acara seperti ini. Dan diharapkan dengan diadakannya acara seperti ini, umat muslim sendiri tidak akan melupakan jatidiri mereka sebagai seorang muslim…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>