Home >> Motivasi >> NUSANTARAKU (2)

NUSANTARAKU (2)

NUSANTARAKU (2)

Sudah selayaknya kalau kita  kuwalahan bersyukur sebagai bangsa yang memiliki tanahair yang kaya raya akan sumber daya alam yang diberikan oleh Alloh SWT. Ibarat Nusantara, sebagai pasar tradisional yang luas dan besar sekali dengan segala macam dagangan yang dimiliki dan dijajakan.

Hasil bumi dan laut: kelapa, kelapa sawit, karet, sagu, tembakau, teh, rumput laut, hasil hutan, coklat, kopi, padi, pala, kapuk, jagung, kina, lada, serat, cengkih, minyak kayu putih, rotan, ikan   berbagai jenis, udang, teripang, mutiara dll.

Hasil tambang: minyak bumi, batubara, aspal, timah putih, pasir besi, pasir tahan panas, aluminium, emas, perak, bauksit, tembaga, nikel, mangan, marmer, intan, urnium dll.

Industri: gula pasir, gas bumi, minyak, tekstil, kayu lapis, pesawat terbang, kapal laut, otomotiv, kilang minyak, semen, goni, pupuk, rokok, kertas, pelebur nikel, mentega, cat, farmasi, besi baja, sepatu, garmen, elektronika, minyak kayu putih, garam, teh, ban, kaca, beberapa jenis makanan kaleng dll.

Ini belum terhitung nilai posisi strategis yang berada di persilangan dua benua dan dua samodra, disamping posisi antariksa yang tepat digaris katulistiwa dunia, yang bisa dimanfaatkan sebagai bargaining power untuk kepentingan perdamaian dan kesejahteraan dunia bukan untuk power conflict.

Sulit dibayangkan kalau bangsa Indonesia yang sudah merdeka 65 tahun, predikat kemiskinan dan kebodohan masih menyelimuti bagian tubuh bangsa ini.

Sebagai orang awam pun bisa bertanya-tanya mengapa bisa terjadi……

Siapa yang tidak percaya kalau  bangsa kita banyak yang pandai, cumlaud, diantaranya masih kita ingat tanggal 30 September 1960 Ir. Soekarno berpidato di muka sidang umum PBB ke XV, termasuk dihadiri puluhan kepala pemerintahan dari seluruh dunia, pidato yang berisi gugatan terhadap tata dunia yang di dominasi oleh peradaban kapitalisme, mengajak untuk membangun dunia baru yang lebih adil dalam format kebersamaan yang egaliter yang terkenal dengan “To build the world a new” , kita harus bangga jadi bangsa Indonesia

Kiranya semua sadar akan way of life kita Pancasila, dan sadar akan tujuan dan cita-cita nasional yang ditulis oleh pendahulu-pendahulu kita dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, untuk itu kita harus mau dan mampu untuk menjaga dan mewujudkannya.

Keberhasilan perjuangan para cerdik cendekia terdahulu dengan diakuinya Republik Indonesia menjadi Negara Kepulauan atau Archipelagic States bahkan yang terbesar didunia, sesuai UNCLOS 82, memberikan dampak pada hak dan kewajiban, diantaranya terhadap Zone Economy Exclusive (ZEE):

  1. Indonesia berhak dan alhamdulillah pemerintah telah menetapkan ZEE nya selebar 200 (duaratus) mil laut dari garis pangkal terluar Nusantara.
  2. Dalam ZEE Indonesia mempunyai hak:

2.1. Berdaulat atas seluruh kekayaan alam yang terdapat didalamnya. Dengan demikian kedaultan ZEE adalah kedaulatan atas kekayaan alamnya.

2.2.            Kewenangan (jurisdiction) untuk:

  • Mendirikan, mengatur dan menggunakan pulau-pulau buatan, instalasi dan bangunan-bangunan lainnya.
  • Mengatur penyelidikan  ilmiah kelautan
  • Melindungi dan melestarikan lingkungan laut.

2.3.            Hak dan kewajiban lainnya yang ditetapkan dalam konvensi.

Kalau kita melihat satu point saja tentang “berdaulat atas seluruh kekayaan alam yang terdapat didalamnya” tentunya harus tumbuh pemikiran strategi bagaimana memanfaatkannya untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Ajakan dan harapan pola strategi kedepan:

  1. Membangkitkan semangat bagi generasi penerus bangsa untuk cinta bahari, cinta laut, cinta kapal, ketahuilah dilaut Nusantara ikan tinggal mengambil, mau mengambil berapa ton, tinggal pilih jenis ikan apa dan ukuran berapa.
  2. Memperbanyak industri kapal ikan modern dengan peralatan canggih
  3. 3. Mendidik, membina dan mengembangkan pelaut-pelaut penangkap ikan dengan sistem modern yang mampu sebagai pelaut ulung seperti nyanyian: “nenek moyangku oran pelaut” (Mojopahit dapat meluaskan kekuasaannya sampai dinegara tetangga hanya dengan perahu-perahu layar)
  4. Menjaga keamanan laut ZEE terhadap pelanggar-pelanggar wilayah dan mengambil kekayaan laut tanpa prosedur.
  5. Membangun kapal induk kapal ikan modern, sebagai depo/penerima hasil tangkapan ikan dari kapal-kapal ikan yang beroperasi, sekaligus memproses pengalengan dikapal induk tersebut.
  6. Memperbanyak sarjana hukum bidang Hukum Laut Internasional yang profesional.
  7. Bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan

Kita bisa bersyukur, alhamdulillah fokus dalam tahun 2011 ini Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah mengadakan program-program, diantaranya:

  1. Dalam mengembangkan kelautan dan perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah mengadakan kerjasama dengan 3 negara, yaitu India, Srilangka dan Maladewa.
  2. Pengembangan kawasan Minapolitan berbasis perikanan tangkap, perikanan budidaya dan pengembangan sentra garam rakyat
  3. Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) merupakan bagian dari program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Kelautan dan Perikanan.
  4. Pengembangan kerjasama dengan perbankan dalam rangka penyediaan modal usaha bagi nelayan dan pembudidaya ikan serta kerjasama dengan swasta dan negara sahabat dalam rangka pengembangan infrastruktur kelautan dan perikanan di pulau-pulau terluar

Harapan perkuatan di masa depan:

  1. Menghimpun masyarakat desa pantai sebagai sasaran pendidikan dan pengembangan menjadi pelaut kapal ikan modern, yang bisa rukun, kompak dan kerjasama yang baik antara, sama-sama pelaut bangsa sendiri.
  2. Bisa sebagai motor industri pabrik kapal-kapal ikan modern dengan peralatannya.
  3. Memperbanyak sarjana hukum laut internasional yang profesional.
  4. Mengeksploitasi kekayaan laut dengan kekuatan dan tenaga sendiri.

WAHAI PARA INTELEKTUAL MUDA LDII

KETAHUILAH NUSANTARAMU PENUH GIZI

DAPAT  BERMAKNA UNTUK SELURUH NEGERI

JIKA  TANGANMU MAMPU MENGKAJI DAN MENGGALI

JADILAH  GENERASI MUDA LDII YANG  MAMPU MANDIRI

DENGAN KEKUATAN SENDIRI TANPA BANTUAN LUAR NEGERI

TUNJUKKAN JATI DIRI SEJATI WAHAI PEMUDA-PEMUDI LDII

JADIKAN IBU PERTIWI BERBANGGA HATI SENYUM BERSERI

WAHAI GENERASI MUDA LDII PENERUS BANGSA

YANG BERIMAN, BERTAQWA DAN MEMILIH SORGA

TUNJUKAN KEPIAWAIANMU DENGAN KARYA NYATA

TANGANMULAH YANG AKAN MERUBAH NUSANTARA

NEGARA YANG IKUT MENJAGA PERDAMAIN DUNIA

DENGAN BANGSA YANG RAMAH DAN BERBUDAYA

SAHABAT SEMUA BANGSA SEANTERO DUNIA

NUSANTARA BERWIBAWA DISEGANI OLEH SEMUANYA.

NUSANTARA,  AMAN, MAKMUR DAN SEJAHTERA

DENGAN KEKAYAAN ALAMNYA

SEPANJANG MASA…….

KARENA ALLOH SUBHANAHU WA TA’ALA……

Other articles you might like;

Check Also

Ustadz Irul Masih Muda Berbakat Dakwah

Jika ada yang bertanya siapa Ustadz Irul itu ?? Mungkin banyak orang tidak tau karena …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *