Home >> Berita LDII Surabaya >> LDII Menghadiri Seminar Pemberdayaan ORKEMAS Pemkot Surabaya
orkemas-pemkot-surabaya
orkemas-pemkot-surabaya

LDII Menghadiri Seminar Pemberdayaan ORKEMAS Pemkot Surabaya

ldii-hadiri-orkemas-pemkot-surabaya
ldii-hadiri-orkemas-pemkot-surabaya

Surabaya – Pada hari Selasa, tanggal 26 Agustus 2014, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kota Surabaya menghadiri Seminar Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan (ORKEMAS) Pemerintah Kota Surabaya.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan, Hj. Yayuk Eko Agustin Wahyuni, SH, M.Si, mewakili Walikota Surabaya, bertempat di Gedung Wanita Chandra Kirana, Jl. Kalibokor Selatan 2A Surabaya, mulai pukul 08.30 WIB s.d 12.30 WIB dan diikuti oleh 100 orang, meliputi Organisasi Kemasyarakatan dan Lembaga-Lembaga yang ada di Surabaya. Adapun tema Seminar Kebangsaan ini adalah “Sosialisasi Undang-Undang Republik Indonesia No. 17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Kemasyarakatan”.

Acara pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Laporan Panitia dan dilanjutkan sambutan Walikota Surabaya.

orkemas-pemkot-surabaya
orkemas-pemkot-surabaya

Soemarno, SH, M.Hum (Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Pemerintah Kota Surabaya) selaku ketua panitia menjelaskan maksud dan tujuan acara ini, yakni menjelaskan tertib administrasi, pembinaan & pemantauan, dan pengarahan terhadap Organisasi Kemasyarakatan.

Dalam sambutannya, Walikota Surabaya menjelaskan bahwa masyarakat disebut maju jika warganya sering berpsrtisipasi dalam jalannya pemerintahan yang bersih, baik dan benar, melalui usulan, dukungan dan pengawasan. Semakin banyaknya Organisasi Kemasyarakatan yang terbentuk dan berpartisipasi, maka memerlukan standardisasi dan pedoman dalam pelaksanaannya. AFTA atau Masyarakat Ekonomi Asean pada tahun 2015 menuntut kita untuk menciptakan peluang dan kemampuan bersaing, sehingga kemampuan SDM harus kuat. Warga Kota Surabaya diharapkan dapat menjadi pemain atau pelaku di Surabaya, bukan hanya sebagai penonton.

Seminar ini menampilkan 2 nara sumber yakni: Budi Sukarianto, MSi (Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Provinsi Jawa Timur) dan AKP, Deny Abraham, SH (Polrestabes Surabaya). Sedangkan Moderatornya adalah Drs. M. Su’ud selaku Dosen dari Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya.

Deny Abraham sebagai pembicara pertama menyampaikan presentasi tentang Pengawasan Dini terhadap Organisasi Kemasyarakatan di Kota Surabaya, yang berkaitan dengan UU No. 17 Tahun 2013dan UU No. 32 Tahun 2012 tentang HAR Kantibmas POLRI.

Budi Sukarianto sebagai pembicara kedua menjelaskan Sosialisasi Undang-Undang Republik Indonesia No. 17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Kemasyarakatan. Dinamika perubahan sosial politik mengakibatkn perubahan paradigma pada era reformasi, yakni sentralistik ke desentralistik, pengendalian ke kemitraan & pemberdayaan, dan otoritarianis ke demokratis. Sehingga, terdapat tuntutan untuk menerapkan prinsip-prinsip akuntabilitas, partisipasi dan transparansi dalam pengelolaan negara, sektor swasta dan masyarakat.

Peran Ormas adalah sebagai “social capital” dalam masyarakat dan salah satu pilar demokrasi. Penyalahgunaan (abuse) dan penyimpangan (misuse) Ormas cenderung meningkat baik secara internal maupun eksternal (praktek korupsi, pencucian uang, terorisme dan gerakan separatisme). Sementara, perangkat regulasi (UU 8/85) tidak lagi memadai untuk mengakomodasi seluruh dinamika perkembangan Omas. Karena, iklim pembinaan terhadap ormas yang dikembangkan dalam UU Nomor 8 Tahun 1985 sudah tidak sesuai dengan dinamiika perkembangan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam acara tersebut, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kota Surabaya diwakili oleh H. Imam Pujiarto, S.Sos, MSi selaku Wakil Ketua DPD LDII Kota Surabaya, dan H. Arief Rathiyan, S.Kom selaku Wakil Sekretaris DPD LDII Kota Surabaya, serta turut berperan aktif dalam kegiatan tersebut.

Other articles you might like;

Check Also

Ki-ka : Ketua MUI Kenjeran K.H Abdul Manan, Ketua PC LDII Kenjeran Agus Jatmiko, Sekretaris PC LDII Kenjeran Rachmat Cahyono.

Silaturahim PC LDII Kenjeran dengan Ketua MUI

Pengurus PC LDII Kenjeran melakukan silaturahim dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Kenjeran di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *