Home >> Berita LDII Surabaya >> Kampanye Peduli Lingkungan, 1.000 Bibit Mangrove Ditanam
Penanaman manggrove LDII,MUI,FKUB
Penanaman manggrove LDII,MUI,FKUB

Kampanye Peduli Lingkungan, 1.000 Bibit Mangrove Ditanam

Tgl: 24/11/2013 12:38 Reporter: Benny Hermawan

Penanaman manggrove LDII,MUI,FKUB
Penanaman manggrove LDII,MUI,FKUB

Kampanyekan akan penting nya dan perawatan lingkungan, sebanyak 1.00 0 bibit pohon Mangrove dari berbagai jenis ditanam di kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo Rungkut Surabaya. Dengan menghadirkan tokoh lintas agama, penanaman Mangrove yang di pelopori Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Surabaya ini seakan mengetuk hati masyarakat, bahwa menjaga dan memperbaiki lingkungan hidup membutuhkan kerjasama yang baik antar elemen masyarakat, agar mendapatkan hasil yang optimal.

“Penanaman mangrove kali ini merupakan kelanjutan dari pencanangan “LDII Go Green” secara nasional di Makassar  pada 2010 lalu dengan target menanam hingga sejuta pohon di seluruh Indonesia. Dilanjutkan dengan Gerakan Cinta Bahari pada 2011 dengan menanam 3.000 bibit mangrove di Kendari., dan saat ini kita juga menindaklanjuti nya di Surabaya,” ungkap Ketua DPD LDII Surabaya, Drs Ec H. Mohammad Amien Adhy, kepada RRI, Minggu (24/11/2013).

Menurut Amien Dari sekitar 28 jenis mangrove,  25 jenis diantaranya terdapat di kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo. Adapun jenis mangrove yang ditanam adalah Rhizopora Apiculata. Jenis ini memiliki kekuatan bertahan terhadap rendaman air laut dan hempasan gelombang karena memiliki akar tunjang yang kuat. ?

“Ini bentuk dedikasi kami terhadap lingkungan, Sebagai upaya perbaikan dan perawatan yang sekarang ini mengalami kerusakan akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab,” tambah Amin.

Ada yang menarik dalam penanaman bibit Magrove di konservasi sekaligus wisata Mangrove ini, setiap tokoh yang hadir di berikan beberapa bibit, untuk di tanam, setelah itu bibit pohon tersebut di beri label nama, sebagai upaya untuk mengetahui kelak bahwa pohon bibit tersebut pernah di tanam oleh Ketua MUI Surabaya, FKUB, atau tokoh lintas agama.

Lebih lanjut Amien menambahkan, Kerusakan alam akibat menurunnya daya dukung lingkungan maupun bencana alam membutuhkan perbaikan dan perawatan lingkungan hidup, karena nya di butuhkan peran serta semua untuk mewujudkan nya,”Kegiatan ini di lakukan tidak hanya saya seorang diri, tapi anda, dan semua masyarakat yang peduli,” pungkasnya. (Benny H/AKS)

Sumber : http://rri.co.id/index.php/berita/79248/Kampanye-Peduli-Lingkungan-1.000-Bibit-Mangrove-Ditanam

Other articles you might like;

Check Also

Ki-ka : Ketua MUI Kenjeran K.H Abdul Manan, Ketua PC LDII Kenjeran Agus Jatmiko, Sekretaris PC LDII Kenjeran Rachmat Cahyono.

Silaturahim PC LDII Kenjeran dengan Ketua MUI

Pengurus PC LDII Kenjeran melakukan silaturahim dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Kenjeran di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *