Home >> Berita Umum LDII >> Info SNMPTN 2011

Info SNMPTN 2011

APA SNMPTN 2011 Itu ??

 

info-snmptn-2011
Info SNMPTN 2011

Tahukah kalian apa itu SNMPTN ? SNMPTN merupakan kepanjangan dari  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ini sendiri dilakukan tiap setahun sekali beberapa bulan setelah kelulusan SMA. Sekedar wawasan saja, istilah SNMPTN merupakan perubahan dari beberapa istilah seperti SPMB ataupun UMPTN.

Berdasarkan hasil rapat Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 4 November 2010, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2011 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SNMPTN 2011 akan dilaksanakan melalui  (1) jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik, atau yang dulunya biasa disebut PMDK dan juga (2) jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan atau SNMPTN.

Jadi untuk tahun ini untuk semua ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan serentak dilaksanakan pada tanggal 31 Mei – 1 Juni 2011 untuk ujian tertulisnya. Sedangkan untuk PTN yang memiliki jurusan seni rupa seperti Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) di ITB, ISI jogja, dan  juga Desain Produk Industri yang dimiliki  ITS yang dulunya menyelenggarakan Ujian Masuk sendiri, tahun ini akan dimasukkan dalam daftar SNMPTN serta diserempakkan ujian tertulisnya, namun untuk jurusan – jurusan tersebut tetap akan ditambah ujian ketrampilan yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 – 4 Juni 2011.

Dan hasilnya akan serentak pula diumumkan pada tanggal 30 Juni 2011 dan akan dimuat di beberapa media seperti surat kabar, internet, dan juga situs resmi SNMPTN yang beralamatkan di http://www.snmptn.ac.id.

Peserta yang boleh mengikuti SNMPTN 2011 kali ini hanyalah lulusan pelajar yang Lulus Ujian Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SLTA atau setara tahun 2009, 2010, dan 2011. Untuk persyaratan yang lainnya bisa meliputi sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna untuk beberapa jurusan yang memanglah membutuhkan kejelian  terhadap beberapa warna pada pembelajarannya.

Sumber : snmptn.ac.id by semampir crew

Other articles you might like;

Check Also

Kasi Penguatan Lembaga Rehabilitasi BNNP Jatim dr. Poerwanto Setijawargo (tengah) bersama Pemuda LDII Surabaya.

BNN Gandeng Ormas Wujudkan Masyarakat Anti Narkoba

Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surabaya makin giat memerangi narkoba yang saat in menjadi momok …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *