Home >> Berita LDII Surabaya >> Gerakan Peduli Lingkungan Warga LDII Kota Surabaya

Gerakan Peduli Lingkungan Warga LDII Kota Surabaya

LDII Surabaya – Mengantisipasi banjir di musim penghujan, ratusan warga LDII Kota Surabaya menggelar aksi bersih-bersih sungai dan saluran air di Jalan Ahmad Yani sisi Barat sepanjang satu kilometer dari titik belokan Dukuh Menanggal hingga traffic light A. Yani.

Meski jalan tersebut relatif belum pernah terjadi banjir, namun sebagai gerbang utama kota Surabaya, tentunya jalan raya A. Yani menjadi barometer yang harus dijaga dari ancaman banjir.

“Caranya dengan selalu membersihkan sungai dan saluran air yang melintasi jalan Raya Ahmad Yani,” kata Ketua Panitia H. Imam Pujiarto saat mendampingi Ketua DPD LDII Kota Surabaya H. Amien Adhy.

Dipilihnya jalan raya Ahmad Yani sebagai lokasi aksi kepedulian lingkungan juga tidak lepas dari faktor kedekatan jaraknya dengan keberadaan kantor DPD LDII kota Surabaya dan DPW LDII Provinsi Jawa Timur yang beralamat di Gayungan VII/11 Surabaya. Terlebih dengan baru diresmikannya gedung baru Graha LDII, yang diharapkan menjadi pusat dari segala aktivitas warga LDII kawasan Surabaya khususnya dan Jawa Timur pada umumnya.

Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia atau DPW LDII juga akan mengadakan serangkaian aksi sosial peduli lingkungan dengan DPD LDII sebagai penyelenggara  di beberapa kota atau  kabupaten di  wilayah Jawa Timur yang puncaknya akan diadakan di kota Madiun Desember  2011 mendatang.

Mengangkat tema “Fiqih Lingkungan”, DPD LDII di setiap kota atau kabupaten akan mengadakan aksi sosial peduli lingkungan ini sesuai kondisi dan kebutuhan lingkungan masing-masing. Surabaya sebagai titik awal dari serangkaian aksi sosial kepedulian lingkungan, yang akan diselenggarakan di lima kota besar yakni Surabaya, Jombang, Jember, Malang, Madiun hingga akhir tahun 2011.

 

Khusus di Surabaya, DPD LDII kota Surabaya sengaja memilih kegiatan mengantisipasi datangnya banjir lewat aksi bersih-bersih sungai dan saluran air di gerbang utama kota Surabaya di jalan raya Ahmad Yani. Kegiatan ini didukung oleh Dinas PU Bina Marga dan Pematusan kota Surabaya dengan menyediakan pick up dan truk sampah.

“Kami hanya ingin menumbuhkan rasa memiliki Kota Surabaya ini pada semua warganya, dan kami harap aksi ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk bahu-membahu membersihkan lingkungan ” pesan H. Amien Adhy selaku Ketua DPD LDII Kota Surabaya.

 

Mereka juga mengajak warga kota untuk peduli pada lingkungan sekitar. Imbauan dan ajakan dirupakan brosur yang dibagikan kepada pengguna jalan yang melintas. Juga lewat spanduk besar yang mereka bawa, di antaranya bertuliskan: ‘DPD LDII kota Surabaya Mendukung Pemerintah Kota Menjadikan Surabaya Bebas Banjir’. ‘Ayo Bersih-Bersih Sungai dan Saluran Air’.

Pembagian brosur itu makin memikat perhatian pengguna jalan tatkala seorang anggota LDII mengenaka asesoris kaca mata dan selang oksigen ala peselam.

Other articles you might like;

Check Also

Ki-ka : Ketua MUI Kenjeran K.H Abdul Manan, Ketua PC LDII Kenjeran Agus Jatmiko, Sekretaris PC LDII Kenjeran Rachmat Cahyono.

Silaturahim PC LDII Kenjeran dengan Ketua MUI

Pengurus PC LDII Kenjeran melakukan silaturahim dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Kenjeran di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *