Home >> Berita LDII Surabaya >> Cegah Banjir, Warga LDII Rangkah Bersih-bersih Sungai
Kondisi sungai sebelum dan sesudah dibersihkan

Cegah Banjir, Warga LDII Rangkah Bersih-bersih Sungai

Banjir masih menjadi ancaman bagi sebagian besar masyarakat Indonesia setiap kali musim hujan datang, khususnya masyarakat di kota besar seperti di Surabaya. Salah satu faktor penyebabnya adalah sanitasi yang buruk. Masih banyak saluran pembuangan air masih yang dipenuhi sampah sehingga menghambat aliran air, bahkan bisa meluap ke pemukiman penduduk.

Untuk menanggulangi hal tersebut, pada hari Minggu (9/10) warga PAC LDII Kelurahan Rangkah Surabaya bersama masyarakat sekitar melakukan kegiatan bersih-bersih sungai yang berada di sekitar lingkungan mereka.

Warga PAC LDII Kelurahan Rangkah saat membersihkan sungai
Warga PAC LDII Kelurahan Rangkah saat membersihkan sungai

Kegiatan dimulai pukul 06.00 dengan membagi warga dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok akan membersihkan di titik-titik tertentu. “Apabila tidak dibersihkan sungai terhambat dan jika terjadi hujan bisa banjir, sehingga kerja bakti dilakukan untuk menghindari banjir,” tutur R Tjahyo Purnomo Sidi, Ketua RT. 01 RW. IX Kelurahan Rangkah.

Menurut Tjahyo, kegiatan seperti ini tidaklah berarti bila masyarakat masih belum sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menghilangkan kebiasaan membuang sampah di sungai. Untuk itu ia berniat membuat peraturan agar masyarakat tidak lagi membuang sampah di bantaran sungai. “Nanti kami bikin aturan. Warga yang buang sampah, akan kami denda. Nanti soal denda kami musyawarahkan dengan RT-RW,” kata Tjahyo.

Warga PAC LDII Kelurahan Rangkah saat akan menyapu sampah yang telah dikumpulkan
Warga PAC LDII Kelurahan Rangkah dan masyarakat setempat saat akan menyapu sampah yang telah dikumpulkan

Lebih lanjut Tjahyo berharap, jika kegiatan ini berhasil, maka kegiatan serupa akan diagendakan setiap enam bulan sekali, mengingat musim hujan di Indonesia berlangsung setiap enam bulan dalam setahun. “Tapi kalau saya evaluasi dan banjir lagi, maka akan kami lakukan kerja bakti sebelum banjir,” tambahnya.

Warga LDII yang turut membantu kegiatan ini berbagi tugas membersihkan sampah dan tanaman liar yang tumbuh di pinggir sungai. Ketua PC LDII Kecamatan Tambaksari, Ali Imron mengajak seluruh warga LDII yang berada di Kecamatan Tambaksari terutama di Kelurahan Rangkah untuk sama-sama peduli terhadap kebersihan lingkungan terutama kebersihan sungai. “Warga LDII sebagai bagian dari masyarakat menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan termasuk sungai,” kata Ali Imron. (Reyhan)

Other articles you might like;

Check Also

BNN Sosialisasikan Bahaya Narkoba kepada Para Santri Mahasiswa Surabaya

Dalam rangka Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2017, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surabaya mengadakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *