Home >> Pendidikan >> Cara Menjaga Kesehatan Mata
penyakit mata
penyakit mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata

penyakit mata
penyakit mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Struktur dan fungsi mata amat sangat rumit dan mengagumkan, merupakan sebuah kenikmatan yang tak ada bandingannya telah diberikan oleh Alloh SWT kepada manusia.

Bayangkan betapa berat dan tanggungjawabnya tugas kerja mata karena secara konstan dan selama manusia itu masih hidup dan tidak sedang tidur atau pingsan, mata menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk, memusatkan perhatian pada objek yang dekat dan jauh serta menghasilkan gambaran yang kontinu yang dengan segera dihantarkan ke otak.

Banyak yang kurang menyadari bahwa bekerja di depan komputer setiap hari akan membuat mata lelah. Belum lagi kegiatan menonton TV atau bermain game. Semua itu akan memberikan efek negatif pada mata, karena mata tidak henti henti membesarkan atau mempersempit diafrahmanya untuk adaptasi.

Bukan tak mungkin, mata kita akan menjadi cepat rusak karena kebiasaan-kebiasaan tersebut dan akan bisa mengganggu organ tubuh penting lainnya.

Ada sebuah filosofi, lebih baik mencegah daripada mengobati, artinya bagaimana kita bisa selalu menjaga kesehatan mata dari kerusakan yang disengaja/tidak disadari, dengan beberapa kiat dibawah ini, seperti yang diberikan oleh dr. Bruce P. Rosenthal, dikutip dari Fox Health:

1 Gunakan cahaya ruangan yang sesuai.Cahaya ruangan sangat berpengaruh pada kesehatan mata, waspadai berkegiatan di dalam ruangan yang terlalu gelap (atau terlalu terang) akan membuat mata kesulitan beradaptasi sehingga mengalami gangguan penglihatan. Sesuaikan cahaya lampu pilihan Anda dengan kebutuhan.
2 Gunakan cahaya alami.Cahaya alami ruangan bisa didapatkan dari cahaya matahari. Selain itu, ruangan juga bisa tampak terang dengan pilihan warna dinding yang terang, seperti putih atau warna-warna pastel.
3 Lindungi mata.Lindungi mata Anda dari radiasi monitor komputer dan TV dengan menggunakan kacamata berlensa antiradiasi. Anda juga bisa mengunakan pelapis monitor pada komputer guna mengurangi radiasi yang masuk ke mata.
4 Sesuaikan setelan komputer.Setelan komputer juga bisa mempengaruhi kesehatan mata. Aturlah tingkat kecerahan layar komputer dengan tepat. Jangan terlalu redup, jangan juga terlalu terang. Pilihlah ukuran huruf yang sesuai dengan kemampuan mata Anda. Ukuran huruf yang terlalu kecil atau terlalu besar hanya akan membuat mata Anda letih.
5 Bersihkan layar TV dan komputer.Terkadang layar TV dan komputer yang kotor membuat kualitas gambarnya terganggu. Ketimbang mata Anda menjadi letih dibuatnya, jangan lupa untuk selalu membersihkan layar televisi/komputer sebelum memakainya
6 Ambil posisi yang tepat.Baik menggunakan komputer maupun TV, selalu sesuaikan jarak pandang Anda terhadap ukuran layarnya. Jangan sampai mata rusak karena jarak Anda terlalu dekat atau terlalu jauh.

Mata memiliki:

  1. Struktur dan fungsi
  2. Otot, syaraf dan pembuluh darah
  3. Struktur pelindung

Peliharalah mata dengan sebaik-baiknya, gunakan mata untuk melihat dan memandang hal-hal yang benar, baik dan tidak dilarang oleh agama, sayangilah mata kita masing-masing perlakukan dengan adil kapan mata ini harus istirahat untuk tidur kecuali dalam kegiatan ibadah.  Jadi berhati-hati terhadap Penyakit Mata.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Other articles you might like;

Check Also

main balon

Kegiatan Seru Caberawit TPQ LUHUR AL-IKHLAS

Selain kegiatan belajar mengajar di dalam kelas pengajian, para santri TPQ LUHUR AL-IKHLAS Memiliki kegiatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *