Home >> Berita LDII Surabaya >> Audiensi : DPD LDII Kota Surabaya dan Danrem 084/BJ Membahas Wawasan Kebangsaan
audiensi LDII ke danrem 084bj surabaya
Audiensi LDII ke danrem 084bj surabaya

Audiensi : DPD LDII Kota Surabaya dan Danrem 084/BJ Membahas Wawasan Kebangsaan

Selasa (10/2), Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) kota Surabaya beraudiensi dengan Komandan Korem (Danrem) 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf Muhammad Nur Rahmad. Ketua DPD LDII kota Surabaya Drs. H. Amien Adhy yang didampingi wakil ketua Ir. Ma’un dan wakil sekretaris dr. Heris Setiawan Kusumaningrat disambut baik di Markas Komando Resort Militer (Makorem) 084/Bhaskara Jaya.

Dalam pertemuan tersebut membahas tentang persiapan Seminar Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan di Aula Ponpes LDII Sabilurrasyidin, Gayungan, Surabaya Sabtu (14/2). Seminar ini merupakan program kerjasama DPD LDII kota Surabaya dengan Korem 084/Bhaskara Jaya.

audiensi LDII ke danrem 084bj surabaya
Audiensi LDII ke danrem 084bj surabaya

Mengingat zaman sekarang nilai-nilai wawasan kebangsaan yang dimiliki generasi muda mulai luntur. Kondisi semacam ini sangat rawan disusupi provokator sehingga mudah terpicu konflik. Dan diikuti situasi kehidupan yang mengarah pada kehidupan individualistik, masyarakat sudah tidak peduli pada akar budayanya sendiri yaitu hidup secara gotong royong, tenggang rasa dan kepedulian terhadap kehidupan bersama.

Arus Globalisasi dapat menyebabkan nilai-nilai yang mengikat persatuan bangsa terabaikan, tergeser oleh nilai-nilai dari luar yang dipandang sebagai nilai universal. Faham liberalisme diterapkan tanpa dilandasi oleh adat budaya bangsa, hal ini menunjukkan melunturnya semangat nasionalisme, akibatnya banyak anak bangsa merasa tidak terikat dengan negara bangsanya, tidak mempunyai rasa ikut memiliki, tidak mempunyai rasa tanggung jawab, tidak merasa bangga sebagai warga negara Indonesia. Kehidupan yang telah melanda masyarakat Indonesia seperti ini perlu dicarikan jalan keluarnya agar NKRI tetap utuh dan kokoh.

Dengan gagasan inilah DPD LDII kota Surabaya berusaha mengkokohkan 4 Pilar Bangsa (Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI) dengan menggelar Seminar Wawasan Kebangsaan dengan tema “Memantapkan Wawasan Kebangsaan Untuk Menjaga Tegaknya NKRI”.

Direncanakan Walikota Surabaya Ir. Tri Rismaharini akan hadir sekaligus memberikan materi tentang Kebijakan Umum tentang wawasan kebangsaan di hadapan 400 peserta seminar. Peserta seminar meliputi, Pengurus Pleno DPD LDII kota Surabaya, Ketua & Sek Pimpinan Cabang (PC) LDII Kota Surabaya, Ketua & Sek Pimpinan Anak Cabang (PAC) LDII kota Surabaya, Takmir Masjid binaan LDII kota Surabaya, Ustadz LDII kota Surabaya, Ketua Remaja Masjid binaan LDII kota Surabaya, dan Forum mahasiswa LDII kota Surabaya.

Kebersamaan Danrem 084/BJ Dengan Ormas LDII
Kebersamaan Danrem 084/BJ Dengan Ormas LDII

Dalam seminar ini DPD LDII kota Surabaya nantinya akan mengundang Kapolrestabes Surabaya, PCNU kota Surabaya, PD Muhammadiyah kota Surabaya, dan Muspika Gayungan.

Kolonel Inf Muhammad Nur Rahmad juga nantinya akan menyampaikan materi selama satu jam tentang Mempertahankan wawasan kebangsaan ditengah derasnya arus globalisasi.

Terakhir, akan ada sesi dialog interaktif bersama pakar politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Drs. Haryadi, M.Si. tentang Implementasi nilai-nilai pancasila sebagai ideologi bangsa dalam menumbuhkan wawasan kebangsaan.

Sebelum audiensi berakhir, H. Amien Adhy memberikan cinderamata kepada Kolonel Inf Muhammad Nur Rahmad berupa buku Hasil Munas VII LDII, Rakernas LDII tahun 2012 dan  Focus Group Discussion LDII tahun 2014. (Sofyan Gani)

Other articles you might like;

Check Also

Ki-ka : Ketua MUI Kenjeran K.H Abdul Manan, Ketua PC LDII Kenjeran Agus Jatmiko, Sekretaris PC LDII Kenjeran Rachmat Cahyono.

Silaturahim PC LDII Kenjeran dengan Ketua MUI

Pengurus PC LDII Kenjeran melakukan silaturahim dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Kenjeran di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *