Home >> Berita LDII Surabaya >> Amankan Pamurbaya dari abrasi, Ormas Islam tanam hutan mangrove
Para aktifis dari LDII, saat melakukan penanaman pohon di Pamurbaya
Para aktifis dari LDII, saat melakukan penanaman pohon di Pamurbaya

Amankan Pamurbaya dari abrasi, Ormas Islam tanam hutan mangrove

Senin, 25 Nopember 2013 20:18 WIB
Editor: Suyono .

Para aktifis dari LDII, saat melakukan penanaman pohon di Pamurbaya
Para aktifis dari LDII, saat melakukan penanaman pohon di Pamurbaya

LENSAINDONESIA.COM: Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Surabaya melakukan penanaman pohon mangrove, di Pamurbaya, Minggu, 24 Nopember 2013.

Penanaman 1.000 bibit itu berlangsung di kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo Rungkut Surabaya. Karena wahana konservasi, sekaligus Wisata Mangrove yang berada di Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) ini, tergolong rentan abrasi. Untuk itu, penanaman kembali ini dianggap penting, sekaligus sarana menetralisir polutan.

Penanaman mangrove kali ini untuk memperkuat program LDII Go Green. Secara nasional telah di lakukan di Makassar pada 2010 lalu, dengan target menanam hingga sejuta pohon di seluruh Indonesia. Dilanjutkan dengan Gerakan Cinta Bahari pada 2011 dengan menanam 3.000 bibit mangrove di Kendari.

“Dan kali ini kita menindaklanjutinya di Surabaya,” ungkap Ketua Pelaksana Ir. H. Ma’un MT, yang juga sebagai Wakil Ketua LDII Surabaya, saat ditemui LICOM seusai kegiatan penanaman.

Ketua DPD LDII Surabaya, Drs Ec H. Mohammad Amien Adhy menerangkan, dari sekitar 28 jenis mangrove, 25 jenis diantaranya, terdapat di kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo. Adapun jenis mangrove yang ditanam adalah Rhizopora Apiculata. Jenis ini memiliki kekuatan bertahan terhadap rendaman air laut dan hempasan gelombang karena memiliki akar tunjang yang kuat.

“Ini bentuk dedikasi kami terhadap lingkungan, Sebagai upaya perbaikan dan perawatan yang sekarang ini mengalami kerusakan, akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab,” jelasnya.

Acara ini diikuti oleh sekitar 350 orang dari perwakilan Ormas yang terlibat, baik pengurus maupun anggota. Selain itu, hadir pula sejumlah pejabat Pemkot Surabaya, tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat.

“Setelah evaluasi nanti, kedepannya kita akan berupaya untuk menyelenggarakannya kembali. Sudah mendapat dukungan dari Pemkot. Kita galang ukuwah (kebersamaan), maka terciptalah miniatur NKRI,” tutur Amien. @syska_liana

Sumber : http://www.lensaindonesia.com/2013/11/25/amankan-pamurbaya-dari-abrasi-ormas-islam-tanam-hutan-mangrove.html

Other articles you might like;

Check Also

Ki-ka : Ketua MUI Kenjeran K.H Abdul Manan, Ketua PC LDII Kenjeran Agus Jatmiko, Sekretaris PC LDII Kenjeran Rachmat Cahyono.

Silaturahim PC LDII Kenjeran dengan Ketua MUI

Pengurus PC LDII Kenjeran melakukan silaturahim dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Kenjeran di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *